Rabu, 23 Maret 2016

File dan Direktori

        Dalam menagement file dan direktori, PHP menyediakan lebih dari 70 fungsi. Beberapa fungsi utama yang berhubungan dengan management file (Create, Writa, Append, dan Delete) diantaranya :
  • Membuka dan Membuat File
 
Keterangan :
 $namafile merupakan nama file yang akan dibuat, sedangkan $mode merupakan mode akses file. Mode akses file yang bisa digunakan yaitu :

1. Mengakses (membuka) file dengan mode 'r'
Hasilnya :

2. Mengakses (membuka) file dengan mode 'w'
Hasilnya :

3. Menulis ke file.
Contoh :
Hasilnya :
Penjelasan :
         Untuk menulis ke file, kamu dapat menggunakan fungsi -fwrite() dan f -puts(). Variabel $handle merupakan mode pengaksesan file, dimana mode yang digunakan harus bisa menulis ke file. Contohnya mode 'w' dan 'a' . Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fungsi file_puts_contents() dengan parameter berupa nama file dan isi yang akan ditambahkan.

4. Membaca isi file.
  • Membaca dan menampilkan isi file.
Hasilnya :
 Penjelasan 
        Untuk membaca isi file, bisa menggukan fungsi -fgets() dan -fread(). Fungsi fgets() akan membaca isi file tiap baris. Sedangkan fungsi fread() akan membaca isi file setiap jumlah byte tertentu. Pada program di atas, beris ke-8 akan membaca file setiap 20 byte atau 20 karater.
  • Membaca isi dari file beris tiap baris.
 Hasilnya :
Penjelasan
        Program di atas akan menampilkan keseluruhan isi file, diman aisi file akan dibaca tiap baris. Pembacaan dilakukan dari baris pertama sampai baris terakhir.
  • Membaca isi file baris tiap baris.
 Hasilnya :
Penjelasan
        Program di atas akan menampilkan keseluruhan isi file, dimana isi file akan dibaca tiap baris. Pembacaan dilakukan selama pointer file belum sampai di end-of-file. Fungsi feof() pada baris ke-5 mempunyai fungsi untuk memeriksa pointer file sudah berada diakhir file atau belum.

5.Menutup file.
  • Aplikasi user counter dengan file.
 Hasilnya :

        Mungkin itu dulu penjelasan dari  File dan Direktori. Jika ada yang kurang jelas atau ingin ditanyakan coba tinggalkan komentar . . :D
Share:

0 komentar:

Posting Komentar