Rabu, 02 Maret 2016

Diskusi Bersama untuk Pembuatan Website Sekolah

     Hari ini saya ingin memosting kegiatan kerjasama saya dengan teman-teman. Disini saya dibagi kelompok bersama dengan Syaifudin Lutfi (SMK 1 Kudus), Muhammad Firman Afifudin (SMK 11 Malang) dan Kholillatus Saadah (SMK 11 Malang). Saya dan teman-teman mendiskusikan hal-hal untuk membuat Web Sekola. Ada banyak manfaat dalam bekerja kelompok salah satunya adalah :

1. Meningkatkan motivasi
Sebuah kelompok belajar akan mendukung dan membuat semangat kamu kembali ketika sedang turun. Dorongan ini membuat kamu lebih memiliki motivasi belajar dibandingkan dengan belajar sendirian.

2. Bertanya
Saat di kelas, mungkin kamu enggan untuk menanyakan hal yang belum kamu pahami kepada pengajar. Belajar kelompok akan membuatmu lebih leluasa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum kamu pahami saat di kelas.

3. Meningkatkan komitmen
Komitmen belajarmu bisa lebih ditingkatkan saat melakukan belajar kelompok. Hal ini disebabkan kamu tidak ingin mengecewakan teman-teman sekelompokmu jika tidak turut berpartisipasi dalam kerja kelompok.

4. Saling mendengarkan
Sesama anggota kelompok akan mendengarkan dan membahas konsep selama sesi belajar dilakukan. Kegiatan semacam ini akan meningkatkan kemampuan pendengaranmu.

5. Saling memahami
Kelompok belajar memungkinkan kita memahami suatu konsep berdasarkan penjelasan anggota lain. Mereka dapat memberikan pencerahan terhadap persoalan yang tidak kamu mengerti sebelumnya.

6. Saling berbagi
Melalui kerja kelompok, sesama anggota dapat saling membandingkan catatan masing-masing. Kegiatan ini berguna untuk saling melengkapi dan mengoreksi jika ada perbedaan informasi.

7. Meningkatkan penguasaan konsep
Mengajarkan dan menjelaskan informasi atau konsep kepada anggota kelompok akan membantumu untuk memperkuat penguasaan terhadap suatu konsep atau informasi tertentu.

8. Menghilangkan kebosanan
Belajar sendiri terkadang sangat membosankan. Namun, dengan belajar kelompok kita dapat berinteraksi bersama anggota kelompok lainnya sehingga membuat belajar lebih menyenangkan.

~ Terimah Kasih ~
Share:

0 komentar:

Posting Komentar